2024-03-28T23:18:19Z
https://jurnalinformatika.petra.ac.id/index.php/inf/oai
oai:puslit2.petra.ac.id:article/20537
2022-11-07T06:05:40Z
inf:ART
driver
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ADOPSI APLIKASI UBER SEBAGAI PENYEDIA JASA TRANSPORTASI DI SURABAYA
Hendrani, Edwin
Tanamal, Rinabi
Jasa transportasi
Uber
TAM (Technology Acceptance Model).
Seiring berjalannya waktu, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di dunia ini semakin berkembang dengan pesat. Permintaan masyarakat akan kebutuhan jasa transportasi semakin tinggi. Kemajuan internet dan canggihnya telepon genggam semakin lama semakin canggih, yang membuat lebih nyaman dan efisiensi untuk memanjakan masyarakat. Dari fenomena tersebut lahirlah Uber. Penelitian ini menggunakan teori Technology Acceptance Model (TAM) dengan populasi user Uber Kota Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi aplikasi Uber sebagai penyedia jasa Transportasi di Surabaya. Hasil yang diperoleh setelah di analisis oleh peneliti adalah kepercayaan pengguna dalam mengadopsi aplikasi Uber yang sangat berpengaruh signifikan terhadap keinginan seseorang untuk menggunakan aplikasi Uber.
Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University
2017-05-01
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
application/pdf
https://jurnalinformatika.petra.ac.id/index.php/inf/article/view/20537
10.9744/informatika.14.1.1-8
Jurnal Informatika; Vol. 14 No. 1 (2017): MAY 2017; 1-8
2528-5823
1411-0105
eng
https://jurnalinformatika.petra.ac.id/index.php/inf/article/view/20537/19378
oai:puslit2.petra.ac.id:article/20538
2018-12-10T08:27:41Z
inf:ART
oai:puslit2.petra.ac.id:article/20539
2022-11-07T06:05:40Z
inf:ART
driver
IMPLEMENTASI ALGORITMA NAÏVE BAYES MENGGUNAKAN ISEAR UNTUK KLASIFIKASI EMOSI LIRIK LAGU BERBAHASA INGGRIS
Astuti, Laksmita Widya
Rachmat C., Antonius
Lukito, Yuan
ISEAR
tf-idf
Naïve Bayes
Emosi
Lirik Lagu
Lirik lagu merupakan suatu ungkapan perasaan seseorang terhadap sesuatu hal yang sudah dilihat, didengar maupun dialaminya sehingga tidak jarang emosi menjadi salah satu kriteria user dalam melakukan pencarian. Pencarian lirik melekat pada kategori yang tidak hanya terbatas berdasarkan genre atau judul lagu, namun juga melalui emosi dari lirik lagu yang diungkapkan. Agar dapat mencapai tujuan tersebut, diperlukan suatu sistem pengkategori yang mengenali lirik lagu secara otomatis dengan salah satu metode klasifikasi yaitu Naïve Bayes. Faktor yang mendorong tingginya tingkat akurasi bukan hanya terletak pada metode klasifikasi saja, namun proses sebelum menuju tahap klasifikasi juga berpengaruh pada hasil yang didapatkan. Maka dari itu, penulis melakukan penelitian melalui beberapa tahap yaitu preprocessing berupa tokenisasi, stopword dan stemming, kemudian feature selection yang digunakan adalah TF-IDF dengan bantuan ISEAR karena mengandung 7 emosi dasar. Dari ketujuh emosi dasar tersebut, tiga diantaranya merupkan emosi yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu anger, sadness dan joy. Hasil dari penelitian ini menunjukkan dengan menggunakan ISEAR akurasi tertinggi terdapat pada feature set 60% dan 100% yaitu sebesar 82,2%. Perbedaan signifikan dihasilkan pada penggunaan ISEAR dengan akurasi rata-rata keseluruhan porsi featureset sebesar 77% sedangkan tanpa menggunakan ISEAR rata-rata akurasi sebesar 53%. Dokumen paling relevan untuk pengujian menggunakan ISEAR terdapat pada kategori angry dengan rata-rata f-measure sebesar 0.7267.
Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University
2017-05-01
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
application/pdf
https://jurnalinformatika.petra.ac.id/index.php/inf/article/view/20539
10.9744/informatika.14.1.16-21
Jurnal Informatika; Vol. 14 No. 1 (2017): MAY 2017; 16-21
2528-5823
1411-0105
eng
https://jurnalinformatika.petra.ac.id/index.php/inf/article/view/20539/19380
oai:puslit2.petra.ac.id:article/20540
2022-11-07T06:05:40Z
inf:ART
driver
APLIKASI CERDAS CERMAT ONLINE REALTIME UNTUK SEKOLAH DASAR
Fauzan, Mohamad Nurkamal
Resdiana, Widia
Hamidin, Dini
Cerdas cermat
online
realtime
sekolah dasar
Berbagai macam aplikasi open source menjadi peluang untuk dapat menciptakan aplikasi permainan yang bernilai positif bagi perkembangan kecerdasan anak Sekolah Dasar (SD) dan dapat digunakan untuk berkompetisi dan berprestasi dalam hal wawasan ilmu pengetahuan. Kegiatan cerdas cermat pendidikan dasar khususnya pada tingkat SD menjadi objek potensial dalam pemanfaatan teknologi berbasis open source. Aplikasi cerdas cermat online realtime untuk Sekolah Dasar merupakan salah satu perangkat teknologi untuk bermain, berkompetisi, dan berprestasi, sebagai sarana meningkatkan ilmu pengetahuan siswa di tingkat pendidikan dasar. Aplikasi berbasis web ini dibangun dengan menggunakan metode prototipe. Hasil penelitian ini adalah 1) Requirement aplikasi untuk permainan cerdas cermat online ini berdasarkan tiga requirement, yaitu teknik menjawab pertanyaan secara realtime, leveling, dan banyak pengguna; 2) Aplikasi cerdas cermat online realtime ini diimplementasikan di dalam fungsi pertanyaan babak rebutan; 3) Perilaku kompetisi yang diterapkan dalam aplikasi cerdas cermat online realtime dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar, pengetahuan dan kompetisi siswa SD dalam ruang lingkup yang lebih luas. Aplikasi yang telah dibangun dapat dikembangkan lagi dengan menambahkan fitur leveling yang sudah ada dengan semua tingkatan kelas di sekolah dasar dan progress peningkatan kemampuan pengetahuan pengguna. Monitoring ini dapat digunakan sebagai nilai tambah dan penghargaan (reward) bagi sekolah maupun masyarakat kepada para siswa yang berkompetisi di dalamnya, dan sebagai dasar pengembangan bahan ajar guru.
Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University
2017-05-01
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
application/pdf
https://jurnalinformatika.petra.ac.id/index.php/inf/article/view/20540
10.9744/informatika.14.1.22-27
Jurnal Informatika; Vol. 14 No. 1 (2017): MAY 2017; 22-27
2528-5823
1411-0105
eng
https://jurnalinformatika.petra.ac.id/index.php/inf/article/view/20540/19381
oai:puslit2.petra.ac.id:article/20541
2022-11-07T06:05:40Z
inf:ART
driver
RANCANG BANGUN APLIKASI PREDIKSI PENJUALAN MENGGUNAKAN ALGORITMA DOUBLE EXPONENTIAL SMOOTHING BERBASIS WEB (STUDI KASUS: PT. SANPAK UNGGUL)
John, Richard
Hansun, Seng
Double exponential smoothing
aplikasi peramalan
prediksi penjualan
trends
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan peramalan penjualan di masa mendatang beserta fitur-fitur aplikasi lainnya seperti kemampuan untuk menambahkan (insert), mengubah (edit), dan menghapus (delete) data produk dan ringkasan penjualan yang akan atau telah disimpan dalam suatu database untuk studi kasus perusahaan tertentu. Aplikasi yang dibangun menggunakan algoritma double exponential smoothing. Alasan pemanfaatan algoritma ini adalah nilai smoothing akan diperoleh tepat waktu sebelum data aktual saat data historis memiliki komponen trend. Oleh karena itu, untuk nilai smoothing tunggal, perlu ditambahkan nilai dari double smoothing untuk menyesuaikan trend tersebut. Metode yang dapat digunakan untuk memprediksi trend linear adalah metode dua parameter Holt. Pada metode Holt, nilainya bukan trend halus dari double smoothing secara langsung, melainkan penghalusan trend dilakukan dengan menggunakan parameter yang berbeda dengan yang digunakan untuk menghaluskan data aslinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi yang dibangun memiliki persentase kesalahan sekitar 28,38%. Aplikasi yang dibangun juga mampu memenuhi fitur-fitur yang dikehendaki oleh user dalam pemrosesan produk dan rekapitulasi.
Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University
2017-05-01
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
application/pdf
https://jurnalinformatika.petra.ac.id/index.php/inf/article/view/20541
10.9744/informatika.14.1.28-35
Jurnal Informatika; Vol. 14 No. 1 (2017): MAY 2017; 28-35
2528-5823
1411-0105
eng
https://jurnalinformatika.petra.ac.id/index.php/inf/article/view/20541/19382
oai:puslit2.petra.ac.id:article/20542
2022-11-07T06:05:40Z
inf:ART
driver
DIGITAL LOYALTY FOR SOCIAL MEDIA, A CASE STUDY ON BOXPLOSIVE B.V.
Pandoyo, Christopher
Setiabudi, Djoni Haryadi
Digital loyalty
Social media.
Digital loyalty is the process of providing incentives to customers through digital media to increase customer loyalty. Nowadays, Boxplosive B.V. using app to distribute deal and saver cards from retailers like AH to go and Etos to their customer. But the problem is that not all the customers are willing to download the app. To overcome this problem, this research investigate how social media app can be used for distributing deal and saver card. Therefore, a prototype program will be built for the implementation to show that social media app can be used for business purposes. The result shows that now the customer do not need to download the separate apps to get the deas and saver card.
Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University
2017-05-01
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
application/pdf
https://jurnalinformatika.petra.ac.id/index.php/inf/article/view/20542
10.9744/informatika.14.1.36-41
Jurnal Informatika; Vol. 14 No. 1 (2017): MAY 2017; 36-41
2528-5823
1411-0105
eng
https://jurnalinformatika.petra.ac.id/index.php/inf/article/view/20542/19383
oai:puslit2.petra.ac.id:article/20543
2022-11-07T06:05:40Z
inf:ART
driver
MIGRATING AUTOLUX WEBSITE FROM MODX TO PHALCONPHP WITH FURTHER DEVELOPMENTS (Search Engine Optimization and Mobile Application Support Implementation)
Tanjung, Hana
Gestel, Bert van
Andjarwirawan, Justinus
Website
PhalconPHP
PHP
Search Engine Optimization
User Generated Content
infinite scroll
multilingual
push notification
Mobile API.
Autolux Project is owned by DTT Multimedia B.V. Autolux is a platform for car lovers sharing their information about favorite or latest cars. The website was built in MODx (CMS framework) which considered being old and heavy by the company. With that very reason, a project to migrate the website from MODx into PhalconPHP (pure PHP framework) was started. Migrating website from MODx to PhalconPHP was a success, and to boost the website popularity, the first thing to do is to implement the SEO standards. Another demand by the company was for the website to be responsive and using OOP standarts. Responsive website can be reached by using the help of libraries. PhalconPHP already implemented OOP, thus the developer will follow the MVC pattern given and refine it by doing more separation of concerns. Later on, the developer also put more refinements on the website to boost the speed of page loading, support multilingual, and management system.
Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University
2017-05-01
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
application/pdf
https://jurnalinformatika.petra.ac.id/index.php/inf/article/view/20543
10.9744/informatika.14.1.42-46
Jurnal Informatika; Vol. 14 No. 1 (2017): MAY 2017; 42-46
2528-5823
1411-0105
eng
https://jurnalinformatika.petra.ac.id/index.php/inf/article/view/20543/19384
oai:puslit2.petra.ac.id:article/20544
2022-11-07T06:05:40Z
inf:ART
driver
INTRODUCTION OF INTERNET OF THING TECHNOLOGY BASED ON PROTOTYPE
Genadiarto, Anthony Sutera
Noertjahyana, Agustinus
Kabzar, Vladimir
IoT
Prototype
Simplify User.
Internet of thing has been able to attract people compete to create various devices. Devices developed have various benefits, but the point is to make life easier. So many vendors create products related to the internet of things, so the user gets confused to determine which is good and appropriate for the needs. To simplify the user in choosing IoT product, this research will discuss about technology that is widely used in IoT, the advantages of each technology, in terms of security, operating system, microcontroller, IoT platform, tools and communication technology. This research makes prototype with one of existing technology. The results of this research provide knowledge, skills and experience in the field of IoT as well as information related to IoT technology, which is widely in the market. Furthermore, the prototype also has the expected functionalities, but it does not close the opportunity for further improvements. The results of this research provide knowledge, skills and experience in the field of IoT as well as information related to IoT technology, which is widely in the market. Furthermore, the prototype also has the expected functionalities, but it does not close the opportunity for further improvements.
Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University
2017-05-01
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
application/pdf
https://jurnalinformatika.petra.ac.id/index.php/inf/article/view/20544
10.9744/informatika.14.1.47-52
Jurnal Informatika; Vol. 14 No. 1 (2017): MAY 2017; 47-52
2528-5823
1411-0105
eng
https://jurnalinformatika.petra.ac.id/index.php/inf/article/view/20544/19385
oai:puslit2.petra.ac.id:article/20545
2022-11-07T06:05:40Z
inf:ART
driver
THE ROLE OF SAP BUSINESS OBJECT TO SUPPORT A BUSINESS INTELLIGENCE PERFORMANCE
Abadi, Eileen Fransisca
Terziev, Aleksandar
Setiawan, Alexander
SAP Business Object
Business Intelligence
Suppor.
As the world of information and communication technology grows, it is becoming increasingly important for the role of technology as the primary information processor in every line of human life today. It can be concluded that the current role of technology has evolved into needs, not just corporate or academic interests. This creates the birth of a new economy marked by the high penetration of the use of IT (Information Technology) in the business transaction process, so the concept evolves into a smart business, thus improving business performance. So the concept of SAP Business Object to be applied this can help improve the company's performance to continue to innovate on an ongoing basis.
Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University
2017-05-01
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
application/pdf
https://jurnalinformatika.petra.ac.id/index.php/inf/article/view/20545
10.9744/informatika.14.1.53-58
Jurnal Informatika; Vol. 14 No. 1 (2017): MAY 2017; 53-58
2528-5823
1411-0105
eng
https://jurnalinformatika.petra.ac.id/index.php/inf/article/view/20545/19386