ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ADOPSI APLIKASI UBER SEBAGAI PENYEDIA JASA TRANSPORTASI DI SURABAYA
:
https://doi.org/10.9744/informatika.14.1.1-8Keywords:
Jasa transportasi, Uber, TAM (Technology Acceptance Model).Abstract
Seiring berjalannya waktu, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di dunia ini semakin berkembang dengan pesat. Permintaan masyarakat akan kebutuhan jasa transportasi semakin tinggi. Kemajuan internet dan canggihnya telepon genggam semakin lama semakin canggih, yang membuat lebih nyaman dan efisiensi untuk memanjakan masyarakat. Dari fenomena tersebut lahirlah Uber. Penelitian ini menggunakan teori Technology Acceptance Model (TAM) dengan populasi user Uber Kota Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi aplikasi Uber sebagai penyedia jasa Transportasi di Surabaya. Hasil yang diperoleh setelah di analisis oleh peneliti adalah kepercayaan pengguna dalam mengadopsi aplikasi Uber yang sangat berpengaruh signifikan terhadap keinginan seseorang untuk menggunakan aplikasi Uber.
References
Kurniawan, D. (2013). Analisis Penerimaan Nasabah Terhadap Layanan Mobile Banking dengan Menggunakan pendekatan Technology Acceptance Model dan Theory Of Reasoned Action. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1. [CrossRef]
Rafique, M. (2014). Extending TAM, In Terms of Trust and attitude towards the online shopping intention. Journal of Public Administration and Governance. [CrossRef]
Belkhamza. (2012). Measuring Organizational Information Systems Success: New Technologies and practices. Business science Reference. [CrossRef]
Poetri, A.R. (2010). Adopsi E-Commerce dengan pendekatan technology. Jurusan Manajemen pada Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret. [CrossRef]
Anon, A. (2015, June 2). Pengalaman menggunakan App Uber di Bandung - Seputar Android. Retrieved from http://indonesiaberkicau.com/pengalaman-menggunaan-app-uber-bandung/ [CrossRef]
Sari, M. (2016). Pengaruh Manajemen Laba Terhadap Pengungkapan Corporate social Responsibility. Akuntabilitas. [CrossRef]
Fitriyani, D. (2015, May 15). Populasi dan Sampel dalam Penelitian Kuantitatif. Retrieved from http://diyahfitriyani94.blogspot.co.id/2015/ 05/populasi-dan-sampel-dalam-penelitian.html [CrossRef]
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 19 (Edisi Kelima). Semarang: Universitas Diponeggoro Semarang. [CrossRef]
Agustina, Y. V. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Kepuasan Pelanggan dalam Meningjatkan Loyalitas Pelanggan Joglosemar BUS. Diponegoro Journal of Management. [CrossRef]
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. [CrossRef]
Olobatuyi. (2006). A user's guide to path analysis. University Press of America. [CrossRef]
Siregar. (2010). Statistika Deskriptif untuk Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers. [CrossRef]
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).