ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ADOPSI APLIKASI UBER SEBAGAI PENYEDIA JASA TRANSPORTASI DI SURABAYA

Authors

  • Edwin Hendrani
  • Rinabi Tanamal

DOI:

https://doi.org/10.9744/informatika.14.1.1-8

Keywords:

Jasa transportasi, Uber, TAM (Technology Acceptance Model).

Abstract

Seiring berjalannya waktu, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di dunia ini semakin berkembang dengan pesat. Permintaan masyarakat akan kebutuhan jasa transportasi semakin tinggi. Kemajuan internet dan canggihnya telepon genggam semakin lama semakin canggih, yang membuat lebih nyaman dan efisiensi untuk memanjakan masyarakat. Dari fenomena tersebut lahirlah Uber. Penelitian ini menggunakan teori Technology Acceptance Model (TAM) dengan populasi user Uber Kota Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi aplikasi Uber sebagai penyedia jasa Transportasi di Surabaya. Hasil yang diperoleh setelah di analisis oleh peneliti adalah kepercayaan pengguna dalam mengadopsi aplikasi Uber yang sangat berpengaruh signifikan terhadap keinginan seseorang untuk menggunakan aplikasi Uber.

References

Kurniawan, D. (2013). Analisis Penerimaan Nasabah Terhadap Layanan Mobile Banking dengan Menggunakan pendekatan Technology Acceptance Model dan Theory Of Reasoned Action. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1. [CrossRef]

Rafique, M. (2014). Extending TAM, In Terms of Trust and attitude towards the online shopping intention. Journal of Public Administration and Governance. [CrossRef]

Belkhamza. (2012). Measuring Organizational Information Systems Success: New Technolo­gies and practices. Business science Reference. [CrossRef]

Poetri, A.R. (2010). Adopsi E-Commerce dengan pendekatan technology. Jurusan Manajemen pada Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret. [CrossRef]

Anon, A. (2015, June 2). Pengalaman meng­guna­kan App Uber di Bandung - Seputar Android. Retrieved from http://indonesiaber­kicau.com/pengalaman-menggunaan-app-uber-bandung/ [CrossRef]

Sari, M. (2016). Pengaruh Manajemen Laba Terhadap Pengungkapan Corporate social Responsibility. Akuntabilitas. [CrossRef]

Fitriyani, D. (2015, May 15). Populasi dan Sampel dalam Penelitian Kuantitatif. Retrieved from http://diyahfitriyani94.blogspot.co.id/2015/ 05/populasi-dan-sampel-dalam-penelitian.html [CrossRef]

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 19 (Edisi Kelima). Semarang: Universitas Diponeggoro Semarang. [CrossRef]

Agustina, Y. V. (2012). Analisis Pengaruh Kua­li­tas Pelayanan Kepuasan Pelanggan dalam Meningjatkan Loyalitas Pelanggan Joglosemar BUS. Diponegoro Journal of Management. [CrossRef]

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidik­an, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. [CrossRef]

Olobatuyi. (2006). A user's guide to path analysis. University Press of America. [CrossRef]

Siregar. (2010). Statistika Deskriptif untuk Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers. [CrossRef]

Downloads

Published

2017-05-01

Issue

Section

Articles